Puskesmas Donggala Sudah Aktif Lagi Dan Siap Layani Korban Gempa

Puskesmas Donggala Sudah Aktif Lagi Dan Siap Layani Korban Gempa
Puskesmas Donggala Sudah Aktif Lagi Dan Siap Layani Korban Gempa. Pelayanan kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit di wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, sejak beberapa hari lalu sudah dapat diakses. Meskipun ada sejumlah bangunan fasilitas kesehatan yang rusak, tetapi fungsinya tetap berjalan.
Hal tersebut telah diupayakan oleh tenaga kesehatan untuk memfungsikan fasilitas kesehatan walaupun dilakukan di tenda. Tetapi yang pasti masyarakat terutama korban bencana alam gempa dan tsunami bisa dilakukan pertolongan.
Dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, dalam upaya meningkatkan akses masyarakat terdampak bencana terhadap fasilitas kesehatan di Sulawesi Tengah, tenaga kesehatan sudah memfungsikan Puskesmas yang rusak berat. Ada 3 Puskesmas rusak berat di Kabupaten Donggala.
Pelayanan sudah diaktifkan dengan menggunakan tenda, termasuk tenda kesehatan reproduksi. Untuk rumah sakit (RS), seluruh rumah sakit di tiga wilayah terdampak, yakni sebanyak 9 RS di Palu, 1 RS di Donggala, dan 2 RS di Sigi, sudah beroperasi dan sudah ada dokter spesialis yang cukup.
Selain mengaktifkan fungsi fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan juga membantu penataan kesehatan lingkungan dengan merekomendasikan pembuatan sumur bor, MCK komunal, dan dapur umum.
Sementara itu, tenaga kesehatan juga sudah mengimunisasi relawan dengan vaksin tetanus yang akan melakukan evakuasi korban bencana.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Es Krim Strawberry Asam Manis Yang Menyegarkan

Kemendikbud Gandeng PSSI Gelar Semiloka Kepelatihan Sepakbola Tingkat SD 2018

Resep Tahu Selimut Saus Lada Hitam Yang Menggugah Selera